4 Tips Memilih Klinik Dokter Umum yang Baik

Sebelum melakukan pemeriksaan ke klinik dokter umum, ada baiknya bagi anda untuk mengecek beberapa hal guna memastikan apakah klinik tersebut sudah tepat atau belum. Hal ini bertujuan supaya proses pemeriksaan dan pengobatan yang anda jalani terasa nyaman dan menyenangkan, sehingga penyakit anda dapat sembuh dengan cepat.

 

Tips Memilih Klinik Dokter yang Tepat

4 Tips Memilih Klinik Dokter Umum yang Baik

  1. Lokasi

Tips yang pertama adalah jarak klinik tersebut dari tempat tinggal anda. Jika anda sakit, tentunya anda ingin segera mendapatkan penanganan. Oleh karena itu, lokasi menjadi salah satu hal yang harus anda pertimbangkan. Jika lokasi klinik jauh dari tempat tinggal anda, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai tiba di lokasi.

Belum lagi jika harus mengantri panjang. Selain itu, lokasi yang dekat juga akan lebih menghemat waktu, sehingga anda bisa memutuskan ingin berkunjung pukul berapa. Lokasi klinik yang dekat biasanya juga lebih akrab dengan lingkungan sekitar, sehingga lebih nyaman untuk melakukan pemeriksaan.

  1. Asuransi atau BPJS

Sebelum berkunjung ke klinik dokter umum jakarta, pastikan bahwa dokter tersebut menjadi rujukan anda sesuai denganĀ  kebijakan asuransi kesehatan. Jika anda pengguna BPJS, maka pemilihan dokter umum atau dokter keluarga dilakukan sejak anda melakukan pendaftaran. Untuk itu, jika ingin menggunakan asuransi atau BPJS, pilih dokter yang sesuai dengan rujukan anda.

Namun, jika anda pengguna asuransi, maka anda bisa memilih dokter keluarga atau bisa juga meminta kwitansi dan hasil pemeriksaan setelah berobat sebagai klaim atas asuransi tersebut. Tidak hanya itu, penggunaan asuransi atau BPJS juga lebih menguntungkan anda dalam segi pembiayaan.

  1. Pengalaman

Pengalaman adalah hal yang penting dalam semua profesi, termasuk dokter umum. Dokter yang sudah berpengalaman tentunya lebih familiar dengan banyak penyakit. Jam terbang yang tinggi juga membuat dokter tersebut dalam melakukan diagnosis dengan baik dan akurat, sehingga penanganan yang anda terima juga sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Selain pengalaman dan jam terbang tinggi, anda juga harus memastikan apakah klinik dokter umum tersebut dikelola oleh dokter yang sudah memiliki STR atau Surat Tanda Registrasi. Sebab. Setiap dokter yang melakukan praktik resmi harus mendaftarkan diri ke Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Hindari dokter yang tidak memiliki STR karena hal tersebut ilegal atau tidak resmi.

  1. Jenis Kelamin

Jenis kelamin dokter memang bukan hal yang begitu prioritas. Akan tetapi, anda juga perlu melakukan pertimbangan terkait hal ini, terutama jika anda melakukan pemeriksaan yang mengharuskan anda menunjukkan tubuh anda secara utuh. Tentunya, anda akan lebih nyaman jika diperiksa oleh dokter yang sama jenis kelaminnya.

Beberapa tips memilih dokter umum di atas dapat anda jadikan pertimbangan untuk memilih klinik mana yang cocok dengan kebutuhan anda. Lakukan pemilihan dokter umum ada juga klinik dokter anak dengan hati-hati supaya pemeriksaan yang anda jalani nyaman dan penanganan yang anda terima juga memuaskan.

Leave a Comment